Jumat, 12 Desember 2014

Tips Menjadi Programer



Banyak diantara kita yang mungkin berkeinginan menjadi seorang programer, baik itu programer aplikasi desktop maupun aplikasi berbasis web. Sering sekali kita berkhayal bisa menjadi seorang programer yang handal, saya pun pernah berkhayal demikian, namun didunia ini memang tidak ada yang instan, bahkan mie instanpun perlu direbus dulu agar bisa dinikmati, sama halnya dengan seorang programer. Sebelum menjadi programer, seseorang perlu melewati beberapa tahapan-tahapan. Tentunya tahapan paling awal adalah belajar. Seorang yang bertekad dan bersunguh-sungguh untuk menjadi programer pasti ia akan berusaha keras untuk belajar mengerti dan memahami syarat untuk menjadi seorang programer. Oke berikut adalah Tips Menjadi seorang Programer versi saya.

Niatkan dari sekarang, Anda ingin menjadi programer apa? aplikasi desktop atau web aplikasi?
Ini bertujuan untuk memfokuskan tujuan sobat agar nanti terarah dari sekarang.

Logika

Seorang programer dituntut untuk memiliki logika yang kuat, karena seorang programer harus bisa mengambil keputusan / kesimpulan dengan cepat dan tepat. Pernyataan seperti True, False, 0, 1, If, Then,dll akan bayak dijumpai jika sobat bergelut didunia programer. Itulah alasannya mengapa banyak matakuliah eksak di jurusan Teknik Informatika. Jika sobat yang alergi dengan eksak, sebaiknya fikir 2kali jika ingin mengambil jurusan teknik informatika.

Berfikir Cepat

Kaitanya dengan logika. Seorang programer harus berfikir cepat, contohnya penarikan kesimpulan, ada beberapa permis, dari permis tersebut harus kita tarik kesimpulannya :
P   Q
 R
 S
 Z
 Dari pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulanya yaitu :- P → Z .  ini adalah contoh yang mudah, masih banyk contoh-contoh yang lain.

Jangan Menghafal Script

Banyak yang berkata bahwa untuk menjadi seorang programer kita harus hafal script, ini sebenarnya tidak salah, hanya saja kurang efektif, kenapa? ya, karena kapasitas otak setiap orang berbeda-beda, ada yang menghafal kemudian bisa langsung ingat, ada yang harus menghafal berkalai-kali baru bisa ingat, ada yang menghafal lalu ingat, esok harinya lupa. Makadari itu metode menghafal kurang efektif.
Untuk solusinya adalah berlatih, dengan berlatih rutin dan continue (berlanjut) perlahan-lahan otak akan dapat mengingat,menagkap juga mengerti dan memahami kegunaan / fungsi dari script yang kita gunakan dalam berlatih. Berbeda dengan menghafal script, mungkin kita akan dapat mengingat scriptnya, tetapi Fungsinya? (penggunaan logika tidak terlepas disetiap metode berlatih.)

Jangan  ragu untuk mencoba dan Terus Berlatih.

Langkah dasar untuk pemula dalam berlatih dan mencoba. Mulailah dari bahasa pemograman yang dasar, seperti Pascal. Caranya bertahap saja.
Untuk programer Web juga sama. Penggunaan software Dreamweaver tidak salah karna hanya untuk proses awal belajar, asalkan fahami betul-betul script beserta fungsinya. Setelah merasa bisa, barulah sobat perlahan beralih ke software Teks Editor, seperti Notepad ++ , Sublime dll, dengan begitu proses belajar akn lebih teratur dan tertata, dibanding sobat langsung menggunakan software untuk para profesional, padahal sobat belum faham apapun. Itulah sedikit dari saya , Tips Menjadi Programer.


Semoga Bermanfaat
Penulis: Firman A-ArrsNet



Keyword

  • Menjadi Programer
  • Software Programmers
  • Web Programmers
  • Website Programmers
  • Web Programming Php
  • Tips Menjadi Programmer
  • Trick Menjadi Programmer


Previous Post
Next Post

post written by:

0 Post a Comment:

Gunakan kolom komentar dengan baik dan bijak.