Rabu, 14 Januari 2015

Membuat Program Hotel [Pascal-Part3]

Sebelumnya ditutorial part2 kita sudah membuat program hotel dengan fungsi if serta diskon 10%, pada kesempatan kali ini kita juga akan membuat program yang sama, tetapi sedikit akan kita tambahkan fitur/fungsi baru didalamnya. Kita akan coba menambahkan sebuah keterangan Dapat diskon / Tidak Dapat, kelihatanya cukup mudah, tapi perlu konsentrasi yang lebih untuk membuatnya. Seperti biasa pada awal program kita akan menulis code berikut.

PROGRAM Hotel_Citra;
USES Wincrt;
VAR
LM:Byte;
HK, JMLBayar, BayarAkhir:REAL;
Ket:string[40];

Sobat perhatikan code diatas, sudah terlihat perbedaannya.? Betul sekali, dalam code tersebut kita menempatkan variabel LM adalah Byte, sementara var HK, JmlBayar dan BayarAkhir tetap REAL. Kemudian kita juga menambahkan variabel Ket dengan tipe String [40], 40 disini maksudnya adalah pemsanan karakter untuk var Ket/ Keterangan. jika dalam pemesanan karakter kita tuliskan 10 maka kata-kata "Anda Mendapat Diskon 20%" akan tertulis "Anda Menda". Mudah-mudahan sampai disini sobat tidak bingung. Selanjutnya tuliskan code berikut tepat dibawah code sebelumnya.

Begin
Write('Lama Menginap = ');
Readln(LM);
Write('Harga Perhari = ');
Readln(HK);
JMLBayar:=LM*HK;

Kemudian dibawahnya sobat tuliskan code berikut.

IF JMLBayar>=300000
THEN
begin
BayarAkhir:=JMLBayar-(JMLBayar*0.2);
Ket:= 'Anda Mendapat Diskon 20%';
end
ELSE
begin
BayarAkhir:=JMLBayar;
Ket:= 'Maaf Tidak Dapat diskon';
end;

Dalam code diatas setelah Then dan Else terdapat Begin, Mengapa demikian? karena code setelah begin adalah sebuah Proses kembali, Sobat lihat disana terdapat variabel Ket, ini gunanya untuk menampilkan apakah dapat atau tidak dapat diskon, karena diawal kita memesan variabel Ket dengan tipe string[40] maka akan tertulis sesuai dengan keterangan yang kita tulis dalam code diatas. Jika sobat menginginkan kata-kata yang cukup panjang dalam keterangannya, sobat bisa merubah pemesanan karakter [40] sesuai yang dibutuhkan.

Selanjutnya sobat tulis juga code berikut dibawah code sebelumnya.

writeln;
Writeln('Diskon? = ' ,Ket);
Writeln('Yang harus dibayar = ' ,JMLBayar:8:0);
Writeln('Harga Akhir = ' ,BayarAkhir:8:0);
Writeln('TERIMAKASIH...!');
readln;
End.

Kegunaan dari code diatas masih sama, yaitu untuk menampilkan hasil akhir dari proses perhitungan dan juga menampilkan Keterangan diskon atau tidak. Setelah semua code tertulis silahkan uji programnya apakah berjalan dengan baik, tekan Ctrl+F9 untuk menjalankan program. Selesai.


Semoga bermanfaat
Penulis: Firman A-Arrsnet


Keyword

  • Pascal Tutorials
  • Tutorial Pascal
  • Membuat Program Hotel
  • Membuat Program di Pascal
  • Membuat Program dengan Pascal
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Post a Comment:

Gunakan kolom komentar dengan baik dan bijak.